Senin, 24 Mei 2010

GETAH KAYU GAHARU PALING MAHAL DI DUNIA

BARABAI, JUMAT - Tingginya harga jual getah dan pohon gaharu membuat sejumlah petani di Kabupaten Hulu Sungai Tengah tertarik membudidayakan pohon itu. Hingga kini sedikitnya ada 2.700 batang gaharu yang dibudidayakan warga.
"Pembudidayanya tersebar di Desa Mandastana, Batubenawa, Haurgading Batang Alai Utara, Kambat dan Pandawan," kata Kabid Kehutanan, M Rusdianto saat pelatihan budidaya gaharu kepada warga di Agrowisata Buana Indah, Desa Layuh Kecamatan Batubenawa, Kamis (23/7).
Peneliti gaharu dari Litbang Kehutanan Departemen Kehutanan RI, dr Erdy Santoso mengatakan, gaharu memiliki harga ekonomis yang tinggi serta dapat tumbuh di kawasan hutan tropis.
"Gaharu belum terlalu banyak dikenal. Hanya orang tertentu yang mengembangkan dan menanam pohon itu.
Padahal, keuntungan dari bisnis gaharu dapat meningkatkan kesejahteraan petani dalam waktu beberapa tahun," katanya.
Selain dapat tumbuh di kawasan hutan, gaharu dapat tumbuh di pekarangan rumah, sehingga warga memiliki banyak kesempatan untuk menanam pohon yang menghasilkan getah wangi itu.
"Getah yang dihasilkan dari pohon gaharu tergantung masa tanam dan panennya. Misalnya untuk usia tanam selama enam sampai delapan tahun, setiap batang pohon mampu menghasilkan sekitar dua kilogram getah," katanya.
Sementara, harga getah gaharu mencapai Rp 5- Rp 20 juta per kilogram. Harga itu tergantung jenis dan kualitas getahnya. Getah gaharu dengan kualitas rendah dan berwarna kuning nilai jualnya Rp 5 juta per kilogram. Sedangkan getah pohon gaharu yang berwarga hitam (kualitas baik) Rp 15- Rp 20 juta per kilogram.
Ahmad Yani, petani gaharu mengaku sudah menangguk keuntungan dari hasil budidaya gaharu. "Saya membudidayakannya sejak 2001, kini sebagian sudah dipanen," katanya.
Harga per batang bibit Rp 50.000. Yani mengaku sudah menjual sekitar 50 batang pohon gaharu yang berumur
sekitar 2-4 tahun dengan nilai Rp 20 juta. Selain itu sebagai investasi dia juga menanam 25.000 batang lagi, dengan umur satu tahun lebih dengan tinggi sekitar 50 cm. Pembelinya, kata Yani datang dari Jakarta hingga Arab Saudi.
sumber :Banjarmasin Post

Bookmark and Share


(arl)

JOIN BISNIS ONLINE GRATIS [MURNI GRATIS] Gaji Jutaan Rupiah

Related Post :
Bisa punya Bisnis Online dan Pasang Iklan Gratis bisa Menaikkan page Rangking Blog kita:[hanya Rp.10ribu]

http://www.uangbca.com/?id=gigabca">

HitSafari - Explore the
wonders of great traffic



FREE DOLLAR FROM AWSURVEY.COM
FREE RUPIAH DARI DUIT BUX
TABUNGAN RAKYAT.COM
GRATIS DOLLAR FROM ADF.LY 
Rupiah gratis Dari KumpuLBLoggeR.Com
FREE Dollar Dari AsiaPhotoPro.com

Ingin BerLangganan Postingan Blog ini ..?
masukkan emailmu di sini:

Delivered by FeedBurner
 
[BacK]

2 komentar:

  1. Hallo semuanya, saya hendak menjual getah pohon gaharu sebanyak 4 kg, bagi yg berminat dapat menghubungi saya di nomer 085241445454 atau di aimayuimron@rocketmail.com atau di imron.abimayu@gmail.com.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Salam,saya ingin menjual getah gaharu hutan sebanyak 15 kg,wrn hitam.Yg berminat hub email:eva_nabil06@yahoo.com

    BalasHapus

BERIKAN KOMENTAR TERBAIKMU FREINDS :

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress,Blogger...
Recent Posting :
Grab this

Kombes ads



Banjarbaru Blogger Community

Direktori Indonesia - Indonesian free listing directory, SEO friendly free link directory, a comprehensive directory of Indonesian website.